https://i.ytimg.com/vi/XR4UQQzMj68/hqdefault.jpg



Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin bertemu dengan empat orang dari Komunitas Flat Earth (bumi datar). Dalam pertemuan yang diunggah di blog pribadinya tersebut, Djamaluddin menjawab pertanyaan para penggemar dunia datar mengenai perhitungan gerhana matahari, satelit, dan benda antariksa lainnya.

Di bagian awal video diskusi yang diunggah akhir Desember 2016 tersebut, Djamaluddin tampak menjelaskan mengenai kedudukan matahari dan bumi pasca heliosentris.

Dia juga menjelaskan bagaimana kedudukan Bumi yang mengelilingi matahari dan kecepatan berrevolusi.

Saat ditanya mengenai rumus dan prediksi total gerhana matahari dari 2016 hingga 2100 Djamaluddin memberi rujukan. Dia menampilkan karya ilmiah berjudul The 2016-2100 total solar eclipse prediction by using Meeus Alogarithm implemented on MATLAB yang ditulis oleh dua mahasiswi Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Asih Melati dan S. Hodijah.

Karya ilmiah tersebut menjelaskan simulasi alogaritma Meeus dengan aplikasi MATLAB yang dibandingkan dengan aplikasi perhitungan gerhana matahari milik lembaga antariksa Amerika Serikat, NASA

Isu tentang teori bumi itu datar atau flat earth memang sudah sejak lama muncul di dunia internasional. Isu ini pun sudah sampai di Indonesia dan telah ada komunitasnya. Beberapa waktu lalu bahkan sempat terjadi debat kusir di media sosial tentang teori bumi itu bulat ataukah datar.

Munculnya teori flat earth itu ternyata membuat beberapa orang dari komunitas Flath Earth menemui profesor Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin beberapa waktu lalu.

Pertemuan itu dilakukan di LAPAN pada Jumat, 30 Desember 2016 lalu. Kedatangan mereka pun disambut baik oleh Thomas Djamaluddin yang kemudian menjelaskan bantahan tentang teori flat earth.

“Beberapa penggemar FE (Flat Earth — bumi datar) meminta berdiskusi tentang konsep gerhana, satelit, dan hal-hal terkait. Saya sediakan waktu Jumat, 30 Desember 2016 di Kantor LAPAN. Saya jelaskan konsep sains yang benar,” kata Thomas Djamaluddin dalam keterangan video yang diunggah pada 2 Januari lalu.

Dalam perbincangan awal di video itu, terlihat penggemar FE menyebut jika kedatangan mereka untuk meminta penjelasan dari Thomas Djamaluddin.

“Kami di sini bukan mau menjelaskan. Konsep bumi datar itu kan baru sebatas observasi dan teori, masih asumsi. Nah, di sini kami cuma ingin minta penjelasan saja,” kata salah satu penggemar FE yang mendatangi Thomas Djamaluddin.

Thomas Djamaluddin pun kemudian menjelaskan tentang konsep bumi. Penjelasan itu direkam dalam dua video berdurasi 51 menit dan 36 menit.


source konspirasi bumi datar bukti bumi bulat kesalahan flat earth society
bumi datar

yasbux

Related Posts
comments
  • kita juga belum tau bentuk bumi datar apa bola , semua itu hanya sebuah teori, seperti halnya teori gravitasi enstain yang belum tentu benar , itu hanya sebuah pemikiran dan sebuah imajinasi belaka

  • kaum FE, selama ente masih bisa merasakan malam berarti bumi itu bulat… yg cepert itu otak para FE lovers

  • Hm..kasihan para Imuwan yang KATANYA meyakini Matahari sebagai pusat alam semesta..padahal sangat jelas ayat alquran menyatakan Matahari dan Bulan bejalan pada garis edarnya..yang artinya Bumi diam ditempat dan matahari dan bulan mengitari bumi ( Geosentris ).
    Pemahaman bahwa Matahari sebagai pusat tata surya dan bumi yang mengitari matahari menunjukkan bahwa API lebih hebat dari TANAH..artinya IBLIS lebih hebat dari MANUSIA.
    Perhitungan dari Ahli Lapan tersebut hanya omong kosong yang TIDAK BISA DIA SEBUTKAN DARI MANA PERHITUNGAN PERHITUNGAN DAN RUMUS YANG SEBENARNYA..DAN BENARKAH JIKA DITERAPKAN PADA KENYATAAN YANG SEBENARNYA.
    Pemahaman jarak Bumi pada Bulan dan Pada Matahari saja sudah salah..sehingga jelas apa yang dia jelaskan juga salah..apalagi jika dia jelaskan bumi berbentuk bulat..pasti salah besar.
    Teori Newton jelas salah besar pada kenyataan yang dia pakai sebagai penjelasan gerhana…πŸ˜„

  • …bapaknya ga salah, dia hanya punya info dari pendidikan sebelumnya…coba praktekin pake skala, gak akan bisa juga kok, seandainya dia sendiri research pasti dia juga lama2 sadar kok, dia cuma berkerja sesuai profesinya…

  • Bapaknya udah tua mas, nanti kalo anda yg jadi pimpinan saja baru rubah sistemnya, mereka sudah terbawa sistem mas……..

  • Tanya aja pada yg punya bumi…

  • Kalo saya ada disana, saya jg akan manggut2 aja.
    Gak sopan orang tua didebat.
    Apalagi kalo orang tua nya lagi menceritakan dongeng yg dibungkus rumus matematis tanpa pembuktian di alam nyata.
    Jangan salahkan bapak itu ya.
    Beliau hanya mengikuti sistem dan tentu saja dia bukan orang bodoh melainkan orang pintar namun tidak cerdas.
    Pintar dalam ilmu ialah mempunyai banyak ilmu sedangkan cerdas ialah selalu berfikir kritis,berfikiran terbuka,serta selalu mempertanyakan kebenaran ilmu yg dia punya.
    Sebab setiap kebenaran adalah ilmu tapi tidak semua ilmu adalah kebenaran.
    Dan kebenaran yg mutlak ialah kebenaran yg berasal dari Allah ta'ala yg disampikan melalui para utusan Nya sedangkan kebenaran dari manusia bersifat relatif yg terkadang disusupi prasangka alias asumsi.

  • lapan ini kebanyakan teori bukan fakta. jelas2 bumi datar itu lebih masuk akal. Kalau lapan mengakui teori bumi datar benar, nanti lapan di bubarkan akhirnya hilang pekerjaan dong.
    jd mending ikut nasa dan elit global biarpun teori bumi bulat ga masuk akal biar karirnya di lapan tetap aman

  • Otak udang aja yg mau di mainkan org org kafir…jlas2 Quran mnjelaskan,eh malah ikut2an ilmuan kafir bilang Bulat..poto2 nasa jga Bhongan doank…skrg malah perdbatkan msalah datar sma bulat…baca Quran biar gk pada punya otak Batu..yg pantas d percayamh Qurat,Mutlak kebenarannya…

  • Mnding Sarolat sing Tekun dripada ngurusin dbat bgituanmh Om…

  • Salah kaprah yang di anggap salah di benarkan saja karena orang Indonesia ga mau repot-repot akan hal ga penting, yang penting cari duit buat makan, ibadah biar ga sengsara amat di akhirat, itulah Indonesia menurut pandangan gue. Gimana menurut Lo pada ? Komen di bawah

  • ini sih gak sesuai judulnya…ini sama2 penggemar bumi bulat…tidak ada perdebatan…

  • Elon musk udah buat rencana kirim manusia ke mars, dsni masih ribut bumi bundar apa datar πŸ˜’

  • sangat tidak fair, tidak kredible, tidak adil, tidak objektif. ini semua tidak jelas, baik dari profil mereka, baik dari segi pertanyaan, baik dari segi diskusi, baik dari segi cara penyampaian, semua terkesan biasa2 saja. semua bisa di nalar.

    ini seperti propaganda pengiringan opini masif untuk menyangkal sebuah kenyataan yg sudah diseting, bisa saja mereka sama2 penganut GE, atau mereka sudah dibeli.

    jangan mudah langsung percaya dan merasa kalah teman2 GE, karena mereka juga memakai teori, sama hal dengan FE menyampaikan Teorinya pada kelompok GE, cobak buktikan dg fakta sebenarnya pembuktian dan experimen..

  • profesor cari sumbernya di google juga…, kenapa nggak dibuktikan secara nyata aja prof..? kan lebih realistis daripada cari sumber dari tulisan tulisan yeng belum tentu benar dgn realita.

  • Klau mau debat jangan di youtube percuma mending debat via email disertai penelitian sampean2.
    Debat kyak ini anak SD pun bisa.
    Gak bisa nunjukkin hasil penelitian gak usah debat.
    Telor ceplok/dadar & Telur rebus silahkan dipilih jika menurutmu itu benar.

  • muka loo yang datar . hahahaaha . goblok ngga . dari dlu makssa aja kalo bumi itu gak bulat . entar udah di akui datar pasti mereka mau bilang lagi bumi itu segitiga atau lonjong . hahahah cari sensasinya berlebihan. lebay.

  • Saat kita ingin menentukan ukuran sesuatu/benda (things) gunakanlah Alat ukur (Tools) yang benar, sehingga satuan dari yang kita ukur tadi tepat. Apakah ada Alat ukur yang bisa mengukur tingkat ke Imanan kita kepada Tuhan yang mana satuannya adalah Taqwa? Apakah ada Alat ukur yang bisa mengukur tingkat lapisan langit sehingga dapat menemui jalur matahari dan Bulan? Jawabannya semua masih hipotesa/teori, yang mana harus dibuktikan sama-sama oleh keduanya pihak, demi keilmuan (sains). Tidak hanya debat kusir…kudanya entah kemana…

  • ini bukan debat sengit.. orang kaum otak gepengnya cuma plonga plongo gitu..

  • Ciee…cie yg lagi sok pinter πŸ˜†

  • Le t global itu ya prinsipnya Bantah…Bantah dan bantah !

  • jejak bayangan bulan di permukaan bumi arahnya dari barat ketimur, apakah bisa terjadi dengan berputarnya bumi yang juga dari barat ketimur yang berputar dengan kecepatan 360 derajat /24jam, jauh lebih cepat dari kecepatan bulan mengelingi bumi yaitu 27,3 hari per bulan, tentu arah jejak bulan di permukaan bumi tentu dari timur ke barat . Kenyataannya jejak bayangan bulan di bumi memang dari barat ketimur. ini membuktikan bahwa teori heliosentris, matahari diam dan kalau memang bumi ini berputar pada porosnya adalah tidak benar, bila dibandingkan dengan teori geosentris, bumi diam tidak berputar, yang bergerak adalah matahari dari timur ke barat dan pasti memberikan jejak bayangan bulan di permukaasn bumi itu arahnya dari barat ke timur. bukan begitu pak thomas djamaluddin. menngenai satelite kita sudah ditipu oleh pembuat dan peluncur satelit( NASA) apakah bisa dideteksi dimana satelit itu berada sekarang, karena sistem komunikasi sekarang ini masih memakai fiber optik kabel bawah laut dan menara BTS transmisi konvensional

  • Menurut saya orang yg tanya kepada lapan tsb kurang mendalami flat earth, jadi tidak punya argumen sendiri yang bisa utk didiskusikan.

  • Asumsi di atas asumsi tidak ada rumus perhitunganya terbukti tidak bisa menentukkan gerhana matahari

  • Koneksi internet di kantor Lapan ga secepat koneksi internet di kantor Nada

  • eh btw ada berita terbaru lho. Sudah 12 tahun berlalu sejak robot antariksa Huygens berhasil mendarat di bulan terbesar Saturnus, Titan. Semua gambar dan data yang diambil Huygens berhasil diterima oleh tim gabungan di Bumi yang terdiri atas badan antariksa Amerika Serikat, Eropa, dan Italia. asik kan. wkwk..

  • memalukan windows nya bajakan

  • GUA SIH GA MEMPERMASALHKAN GE SMA FE NYA,YG GUE CERNA DARI FE, SEMUA PENJELASANYA NGGA JAUH BEDA SAMA AL QURAN,DI AL QURAN DI SEBUTKAN MATAHARI DAN BULAN BERPUTAR SESUAI TITIK EDARNYA,SEDANGKAN YG DI JELASKAN SAIN MODRN MATAHARI DIAM DAN BUMI YG BERPUTAR,DI AL QURAN BUMI DIAM TIDAK BERGERAK YG BERGERAK BULAN SMA MATAHARI,COBA LU CERNA PAKE LOGIKA,JANGN PAKE TEORI GRAVITASI, ITUKAN CUMA SEKEDAR TEORY,KALAU MISALKN BUMI BERPUTAR KIAMAT LAH,GEMPA AJA CUMA GETARAN BERASA APA LAGI MUTER 😁😁,INTINYA GUE LEBIH PERCAYA FE KETIBANG GE YG GA MASUK LOGIKA,METEOR AJA GA BISA NYAMPE KE TANAH APA LAGI NASA😁😁😁

  • Komunitas tolol.. ngapain ngurusin bumi datar atau bulat..

  • Semut yang ada diatas gajah, memandang gajah yg dia berjalan diatasnya itu dataran atau bulat panjang dan berkaki?

  • seperti yg saya liat dan saya dengar dari penjelasan bapak kepala lapan diatas timbul pertnyaan dlm pikiran saya mengenai mekanisme terjadinya gerhana yg rutin terjadi dgn tenggang waktu kurang lebih 18 thun.
    proses terjadi gerhana jika orbit bulan segaris dengan bumi dan matahari, seperti yg dikata kn bpk kepala lapan bahwa posisi jalur rotasi bulan itu miring membentuk sudut 5 derajat, maka nya dlm rotasi nya bulan mengelilingi bumi selama 27,3 hari tidak terjadi gerhana. kerna sudut rotasi itulah yg membuat buln tidak segaris. tetapi diwaktu tertentu (sekitar 18 thn) bulan bisa segaris dengan bumi dan matahari. apakah rotasi bulan bisa bergeser…??? atau rotasi bumi yg bisa brubah…??? atau kemiringan bumi yg selalu berubah…???
    jika ketiga faktor itu dapat berubah pasti nya ada perhitungan waktu yg terjadi. jika tidak ada maka tidak akn pernah buln dapat segaris membentuk gerhana.
    dan pertanyaan saya :
    1. rotasi bulan bergeser dari arah mana ke arah mana…??? berapa derajar/detik bergesernya…??? sehingga bisa segaris membentuk gerhana yg rutin, ????
    2. jika kemiringan bumi nya yg berubah, berubahnya kearah mana…??? dan berapa derajat/detik berubahnya…?
    3. atau hanya setiap 18 thun sekali saja bulan atau bumi bergeser demi untuk menunjang teori gerhana.???

  • Profesor ny bodoh d tanya ISS kq bisa rekam dgn kec seperti itu knp g leleh n PK bahan apa?
    Stlh melewati Atmosfer itu troposfer lalu tropopauz, stratosfer nah knp g leleh jwbn org yg ngaku profesor ini ngambang n g bisa jwb

    Malah blg PaKe roket nah apa hubungan ny,,

  • brteori sih gampang, tp kok msih tinggal dbumi dsar mnyedihkan knp gk kluar angkasa aja nyari penghidupan baru / bkin kturunan sama alien bhahahaaaa

  • Makin banyak fe buat video, makin ennek liatnya, komunitas biar viral, apa jgn2 loe2 pd antek2nya pki ya?

  • 650km? ISS aja 400km. Hebat ya indonesia satelitnya dibanding ISS wkwk. Ehh bentar2, van Allen belt itu di ketinggian 500 km sampai+-58000km di sekeliling bumi, hmmm makin hebat lagi nih satelit lapan bisa nembus van Allen belt wkwkw mantap jiwaaa :p

  • Bumi datar itu mksd nya bumi rata (dgn tanah) disaat qiamat.
    Tdk ada lagi berdiri rumah2..pohon2.. Gunung2 sekalipun.. semua rata dgn tanah.
    Itu yg dimaksd dlm sbagian Hadist yg menyebut bumi datar (bhsa kita rata) dlm kontek qiamat.

    GITU AJA KOK REPOT !

  • Nanti sy mau bikin Komunitas TAU YAA :
    (TDK ADA UDARA YG ADA ANGIN)
    Ayo gabuuung…..

  • Saya Bingung Lihat Komentar Semua Di Bawah Saling Memperdebatkan Hal Hal Yang Tidak Sepaham Tapi Harus Saling Di Paksakan, Saya Dahulu Seorang GE Sekarang Saya Meyakini FE.
    Saya Salah?
    Kalian Salah?
    Tidak!
    Toh Itu Keyakinan Masing Masing, Mau Percaya Apa Engga Ya Tidak Ada Yang Memaksa Juga Dan Tidak Ada Juga Jaminan Kalau Teori Keduanya Adalah Benar, FE Sendiri Masih Belajar Karena Luasnya Alam Semesta Ini, Di Channel FE 101 Sudah Jelas Tidak Perlu Debat Awam Versus Awam Karena Yang Terjadi Hanyalah Perdebatan Yang Ga Beruguna Dan FE 101 Hanya Mengajarkan Dasar <- Jadi Lucu Aja Kalau Ada Orang Yang Baru Nonton Video FE Di Youtube Tanpa Adanya Eksperimen Lalu Langsung Bisa Membuktikan Bahwa Apa Yang Kalian Dengar Dan Baca Adalah Benar Itu Bodoh!
    Apalagi Baru Dengar Karena Ini Tidak Pernah Di Ajarkan Di Sekolah Dulu Langsung Muncul Pikiran Untuk Membantah, Seharusnya Jika Kalian Pintar Buatlah Eksperimen Masing Masing Yang Bisa Mengubah Dunia, Bukan Perdebatan Di Bawah Sama Sekali Tidak Ada Manfaatnya.
    Sekian, Saya Tidak Ada Niat Untuk Membalas Komentar Di Bawah Terima Kasih.

  • woww di menit 3:253:31 bikin kaget penjelasanya..sekitar 100MILYAR bintang bisa ngitung bintang pakk..(sekitar)hanya kira_2 saja kan jadi gak ada gunanya debat datar atau bulat malah cuma bikin rempong para komentator yang sok tau di youtube aja semua itu 50:50(datar dan bulat)
    cuman teori bumi bulat lah yang lebih dulu di perkenalkan ke kita sejak sd jadi yang tertanam di otak kita bahwa bumi itu bulat..anad dapat berfikir kan mana yang masuk akal dan tidak masuk akal anda oleh ALLAH SWT. di beri akal dan fikiran yang komplit yang bisa anda gunakan utuk mencari tau mana yang benar dan mana yang tidak jangan asal nyerna berita berdasarkan sumbernya lihat seberapa masuk akal dan realitasnya..

    1)katanya di angkasa ada ribuan satelit tapi mana saat ISS live kok gak kelihatan satu pun
    2)katanya KATANYA-KATANYA ISS bisa mengorbit pada kecepatan 28,000 km/jam(bahan_nya terbuat dari apa kok bisa tahan dengan kecepatan yang begitu cepat)
    INI SEbagian contoh saja siapa tau fikiran anda bisa lebih terbuka ..jadi kalau ada yang mengatakan bumi datar itu hanya PARA SARJANA YOUTUBE maaf mohon koreksi diri dulu,,
    SEGALA SESUATU ITU HARUS DI CARI TAU KEBENARANYA DAN DI LIHAT SECARA LOGIKA DAN AKAL SEHAT ,,KALAU SAYA PRIBADI JUJUR LEBIH PERCAYA BUMI ITU DATAR .sebab itu yang lebih masuk akal..

  • Mas mas kamu sekolah lg sj, kasian bpkny sampe jelasin fluida.. Ckck parah.

  • FE —–> kegoblogan yg paling goblog

  • Haduh…kasihan orang ini digaji negara tapi ga ada fungsi masih aja ga sadar masyarakat dah mulai pintar pak dah tobat aja kalian dibayar oleh siapa dan untuk apa kalian digaji!!!

  • Kirain beneran gataunya hoax. Suekk

  • Bumi itu bulat bro,,
    manusia itu dari monyet,,
    alam semesta itu dari big bang, bukan dari tuhan (katanya),.
    Minjam uang di bank ga ngerasa dirugiin..
    Manusia mendarat di bulan, dan semua percaya,,

    Kalah modal bro kalau mau berdebat bumi, nasa dapet uang berjuta dollar buat bantah argumen gmpang aja..

    .. kalo aku sih percaya kitab aja, matahari dan bulan ber rotasi mempunyai orbit masing2, jika bisa menembus langit maka tembuslah, dll..

  • leave a comment

    Create Account



    Log In Your Account